Monday, May 05, 2008
Agamamu.., bukan agamaku.., lantas kenapa?
Telah banyak kita dengar, lihat, baca atau mungkin kita rasakan betapa banyaknya kekerasan terjadi di Indonesia dan di negara-negara lain di dunia ini yang mengatasnamakan ajaran agama tertentu, entah itu agama Kristen, Katolik, Muslim, Hindu, Budha, atau pun agama lainnya.

Tempat-tempat ibadah dibakarlah, izin mendirikan suatu tempat peribadatan dipersulitlah, teror terhadap penganut kepercayaan tertentulah (sampai segala macam usaha pencabutan nyawa manusia secara paksa), dan segala macam tindak kekerasan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan di sini satu per satu.

Duhhh manusia.., tidak bisakah kita sebagai manusia (saya yakin hewan di udara, di air dan di daratan tidak bisa membaca tulisan saya ini) menghargai sesama manusia seperti engkau menghargai dan menyayangi dirimu sendiri.

Stoplah tindakan anarkis. Buat apa sih kalian (dan saya) menggembar-gemborkan ajaran agama mana yang paling baik, ilah siapa yang paling jago, siapa yang paling suci, mana yang halal mana yang haram, kalau itu semua pada ujungnya membuat kita tidak bisa mengasihi sesama kita manusia?

Haruskah saya, sebagai seseorang yang di KTP Indonesianya tertulis "beragama Kristen", membiarkan orang lain tergeletak di tepi jalan akibat kecelakaan hanya karena dia tidak seagama dengan saya?

Ini ilustrasinya..
Saya melewati jalan melihat ada orang tergeletak di pinggir jalan sekarat akibat tertabrak becak.
Bapak itu: Tolong bawa saya ke rumah sakit Mbak, saya tidak kuat...
Saya: Oh.. Bapak agamanya apa dulu ya? Kalau kita tidak sealiran, Bapak cari aja deh orang lain...

Ironis sekali kalau hal tersebut sampai terjadi.

Saya tidak peduli agama apa yang dianut orang-orang di sekitar saya (saya juga tidak peduli kalau mereka tidak beragama) asalkan kita bisa hidup rukun, saling menghargai dan berwawasan luas atas segala keberagaman yang dimiliki sesamanya. Keberagaman yang dimiliki bukan untuk diperdebatkan atau dijelek-jelekkan, tetapi merupakan motivasi untuk bisa mewujudkan hidup rukun di atas keberagaman yang ada (terutama sebagai warga Indonesia yang memiliki berbagai macam perbedaan).

Tulisan ini dibuat sebagai curahan hati yang pilu saat membaca kepedihan yang dialami manusia lain di berbagai belahan bumi yang menderita akibat kekerasan yang berkedok agama. Tidak ada maksud untuk menyindir suatu ajaran tertentu di dalam tulisan ini, hanya merupakan bisikan kepada orang-orang yang sudah menyalahgunakan suatu ajaran agama dengan melakukan tindakan anarkis kepada sesamanya

~Seseorang yang bermimpi melihat kedamaian menjangkau setiap tempat di dunia, terlebih di negeri Indonesia tercinta. Tolong bangunkan saya dari mimpi panjang ini ketika hal tersebut terwujud.

Labels:

posted by oline @ 10:17 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: oline
Home: Stavanger, Rogaland, Norway
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
...ngomong dong...
Links
Friends
Datang dari

Template by

Free Blogger Templates

BLOGGER